Rabu, 02 November 2011

SEO


Apa Itu SEO?

SEO adalah sebuah upaya optimalisasi website supaya mudah terdeteksi oleh mesin pencari, sehingga website kita semakin berpeluang besar mendapatkan kunjungan. Jika website anda adalah website bisnis, tentu saja setiap kunjungan itu sangat berarti bagi kelangsungan bisnis Anda saat ini, esok, dan seterusnya.

Peran SEO dalam Internet Marketing

Surat penawaran Anda akan berubah seolah menjadi jarum kecil yang terselip ditumpukan jerami. Ya, karena tidak mungkin terjadi penjualan jika sales letter itu sendiri tidak ada 1 pun yang mengunjungi (dibaca). Penawaran Anda hanya akan menjadi sebuah surat penawaran yang terselip di antara ratusan juta tumpukan surat-surat penawaran sejenis di seluruh industry yang anda masuki (baca: diantara kompetitor-kompetitor anda).
SEO adalah jalan paling efektif yang harus anda tempuh jika Anda ingin jumlah kunjungan / traffic datang dengan sendirinya dari mesin pencari tanpa sepeser pun biaya. Tujuan kita meng-optimalisasi website itu sendiri adalah untuk mendatangkan pengunjung / kunjungan yang tertarget sehingga bisa terjadi penjualan sejak kunjungan pertama. Traffic adalah nyawa sebuah website, apalah artinya website tanpa pengunjung, apalagi website Anda adalah website yang dibangun untuk kepentingan bisnis.
No Traffic = No Sales, yang artinya tidak mungkin akan ada transaksi terjadi jika website anda tidak mendapat kunjungan sama-sekali.

Mengapa Harus SEO?

Seperti yang sudah saya jelaskan pada point ke-2, hanya jika anda ingin memiliki traffic yang tertarget, gratis, cepat, dan mudah maka SEO adalah jawabannya.
Website anda pun akan nampak seperti website yang memiliki peranan penting dalam Industri tertentu, sehingga bagus untuk meningkatkan citra perusahaan yang artinya kredebilitas perusahaan anda akan naik di mata target market bisnis Anda.
Dengan SEO jangka waktu pemasaran bukan lagi jangka pendek, melainkan pemasaran jangka panjang. Hal ini diperkuat dengan adanya system periklanan yang mengatur tayangnya iklan menggunakan durasi tayang atau deposit klik (PPC). Dengan SEO artinya Anda mempekerjakan mesin pencari tanpa harus dibayar, dan kita tahu bahwa mesin pencari digunakan oleh (hampir) semua pengguna internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.
Bandingkan jika anda harus menggunakan cara marketing lainnya? Email Marketing misalnya, anda harus menyiapkan berbagai materi pemasaran, kemudian anda harus memiliki data kontak prospek terlebih dahulu, pemasaran pun hanya kepada list yang anda miliki. SEO, unlimited!

Apa Saja Teknik Dalam Dunia SEO Sehingga Bisa Menaikan Ranking Website?

Lebih dari 250 teknik yang bisa Anda upayakan, tapi hanya 15 – 18 teknik saja yang sering saya gunakan untuk meningkatkan ranking sebuah website. Hasilnya lebih optimal dan cepat.

Apa Yang Harus Diketahui Dalam Dunia SEO?

Pengetahuan mengenai SEO tentu sangat banyak dan tidak mudah, karena kita harus mengerti kriteria website menurut mesin pencari khususnya Google. Google memiliki penilaian khusus mengenai sebuah website. Kita juga harus mengetahui algoritma yang diciptakan Google sehingga bisa menemukan website kita pada SERP / hasil pencarian google.
Delegasikanlah pekerjaan ini kepada orang yang sudah berpengalaman dan mengerti bagaimana mesin pencari itu bekerja untuk menemukan website pada keyword yang digunakan oleh user.

Bagaimana Mengetahui Teknik SEO Itu Berhasil Untuk Bisnis Anda?

Pertama, Anda bisa buat 2 halaman sebagai media untuk test mana yang lebih efektif dan mana yang lebih berhasil. Halaman pertama arahkan dari kunjungan iklan, dan halaman ke-2 gunakan dari yang menggunakan SEO. Katakan saja Anda membuat halaman websitebisnisanda.com/iklan.html dan satu lagi untuk tempat mendarat dari teknik SEO, misal websitebisnisanda.com/seo.html
Setelah Anda membuat 2 halam tersebut, jangan lupa untuk memasang opt-in form dan silahkan lihat mana jumlah subscriber terbanyak. Tentu saja kata-kata akan berpengaruh juga. Tapi, supaya lebih akurat, silahkan gunakan Webalizer untuk melihat statistic traffic yang lebih lengkap.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

  • Jenis url website anda usahakan untuk mengandung keyword, bukan dengan angka. Masih banyak sekali orang mengabaikan ini, misal websitebisnisanda.com/apa-itu-seo.html itu jelas lebih bagus dari pada websitebisnisanda.com/2368238.php
  • Membidik kata kunci yang tertarget dan tepat, membidik kata kunci memang tidak mudah karena kita harus mempertimbangkan jumlah pesaing yang ada. Jika kata kunci tertentu sangat padat, carilah kata kunci lain yang lebih spesifik. Misalnya; “Harga Laptop” maka akan jelas jumlah pesaingnya tinggi. Cobalah gunakan kata kunci lain yang lebih spesifik, misal; “Harga Laptop Acer 4732Z”.
  • Judul yang sesuai, buatlah judul yang sesuai dengan konten dan muatlah kata kunci utama yang kita bidik sehingga Google bisa dengan mudah menemukan website Anda.

Website Statis Vs Website Dinamis

Website statis tidak lebih baik daripada website yang bersifat dinamis, misal WordPress, Blogger, dan Multiply lebih baik daripada website yang menggunakan halaman statis.

Bagaimana Melihat Sehebat Apa Pesaing Anda?

Sekilas dan paling mudah, lihatlah AlexaRank yang diperoleh website pesaing Anda. Semakin angkanya kecil, berarti website tersebut bagus. Jika Ranking websitenya masih kecil (besar angkanya) maka itu kesempatan terbaik anda untuk masuk ke daftar kompetitornya, bahkan mengalahkannya.

Optimalisasi Luar dan Dalam

Dalam SEO kita harus melakukan optimalisasi baik di dalam websitenya itu sendiri maupun di luar website. Seringkali ini disebut SEO onpage dan SEO offpage. Masing-masing harus dioptimalisasikan.

Apa Itu Pengoptimalan On Page dan Off Page?

Pengoptimalan onpage dilakukan di dalam website itu sendiri, semisal memilih judul, memilih kata kunci membuat konten yang disukai google, update konten secara berkala, dan relevansi antara kategori website dengan konten yang dimuatnya.
Sedangkan optimalisasi offsite dilakukan di luar website, bisa dengan submit ke direktori web, menggunakan social media, mencari backlink dari website yang relevan dan memiliki ranking yang lebih bagus. Semakin banyak link berkualitas (tidak sembarang) menuju ke website Anda, maka semakin bagus penilai Google terhadap website Anda.
Tentu saja masih banyak sekali yang harus dilakukan untuk optimalisasi web dari dalam maupun luar, yang saya jelaskan itu hanya sebagian kecil dari banyaknya langkah yang harus dilakukan.

Penggunaan Anchor Text

Jika anda pernah melihat link sebagai berikut:
Keduanya sama-sama sebuah link yang mengarah ke lulukemaludin.com, tapi kualitas link tersebut berbeda. Link pertama hanya bagus untuk url dalam peningkatan ranking, sedangkan link ke-2 itu bagus untuk kata kunci “Blog Lulu Kemaludin” maupun url lulukemaludin.com itu sendiri.

Penggunaan File

File yang bagus untuk meningkatkan ranking adalah PDF, Doc, dan Video. Sedangkan flash dan audio tidak termasuk file yang disukai oleh google.

Tool SEO Gratis

Rata-rata para ahli SEO memiliki peralatan tambahan dan jarang dipublikasikan. Meski demikian, anda masih bisa menggunakan tools SEO yang wajib anda gunakan ketika ingin memelihara website anda tetap optimal ketika sudah ditangani oleh para pakar SEO, misal:
Dua alat ini sudah wajib anda gunakan dalam optimalisasi website anda, dua alat itupun bisa anda gunakan secara gratis, namun tentu itu saja tidak cukup.

Mengapa Jasa SEO Terkesan Mahal?

Saya mengatakan bahwa jasa SEO itu tidak mahal, melainkan terkesan mahal. Jika sekilas memang nampak mahal, 1 kata kunci rata-rata dipasang harga antara 1 s.d 3 juta.
Coba mari kita hitung kembali, jika anda memasang iklan PPC, katakan saja anda memasang di Google Adwords, anda deposit sebesar Rp500.000,00 dan kata kunci anda kebetulan harganya 500 per klik, maka anda bisa bagi 500.000/500 =1000 klik saja. Setelah itu anda harus deposit kembali.
Bandingkan dengan SEO, anda tidak hanya akan mendapat traffic dari 1 kata kunci saja, melainkan beberapa kata kunci secara gratis, karena jika website anda sudah teroptimalisasi, ketika update pun akan secara otomatis memiliki kekuatan yang lebih. Terpenting, ini adalah rencana marketing jangka panjang dan gratis selamanya.
Jika anda mengerjakan sendiri, waktu yang anda butuhkan akan sangat panjang, karena anda harus mempelajari seluk-beluk SEO dari nol, dan mungkin lama. Terlebih itu belum tentu berhasil.

Adakah Ebook Belajar SEO untuk Pemula?

Tentu saja karena teknik SEO bukanlah hal yang mudah, apalagi seorang pemula, maka sudah seharusnya pemula belajar dari ebook atau panduan SEO yang mudah dipelajari, dan terpenting itu terbukti berhasil.
Coba lihat penghasilan yang diraih dari hasil menerapkan teknik SEO yang mudah, newbie friendly, dan cepat berikut ini:
Wira Sukmawijaya - adalah salah satu orang Indonesia yang berhasil menerapkan teknik SEO yang mudah dan berhasil meraup penghasilan hingga $22.000 lebih dari bisnis Affiliate Marketing berbasis CPA - Klik gambar untuk melihat lebih jelas
Mau seperti bro Wira Sukmawijaya? Silahkan download ebooknya di bawah ini, jangan lupa tinggalkan komentar terbaik Anda. Eits, jangan lupa juga untuk berlangganan update artikel via email suapaya tidak ketinggalan dengan tips-tips menarik dan produk-produk berkualitas lainnya.






terima kasih untuk http://lulukemaludin.com

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

5 komentar:

Adi arief Adi arief mengatakan...

wah cocok ini gan buat org" yg mau nyari uang lewat blog :D

Dokter Anak Dokter Anak mengatakan...

boleh nih ...
terima untuk infonya^_^

cyber cyber mengatakan...

wow amazing...
kerens.. cm dr SEO..
patut di coba..
makasi boss nice infoh.. ^_^

adri siblogger solo adri siblogger solo mengatakan...

SEO,,,, rasanya seperti garam di sayuran, tanpa ada SEO blog tak akan berarti,, menurut ane,, hehehe

hilman syah hilman syah mengatakan...

kalo steve jobs itu dia seo bkan

Posting Komentar

ATTENTION !
BLOG INI 100% DOFOLLOW !

 

FalconBoy Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha