Sabtu, 29 Oktober 2011

Tubuh Kamu Cepat Lelah? Hindari Kebiasaan ini!



Kamu sering merasa lelah meskipun merasa tidak melakukan aktivitas berat? Atau mungkin saat sedang bekerja kamu merasa lelah luar biasa tanpa tahu penyebabnya?

Kelelahan yang kamu rasakan bisa disebabkan oleh banyak hal lho. Kalau bukan karena kamu mengidap penyakit tertentu, mungkin kebiasaanmu sehari-hari bisa jadi pemicunya. Tapi tenang saja, kamu bisa menghindari semua itu kok.

Untuk kamu penggemar minuman berkafein atau minum bersoda, diusahakan jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Mengapa? Karena kafein dapat membuat beban pada kelenjar adrenal bertambah, sehingga efeknya adalah tubuhmu jadi mudah merasa lelah. Makanya, kamu yang terbiasa minum empat gelas atau lebih setiap harinya, dikurangi saja yah..

Lalu apabila kamu adalah pekerja kantoran yang setiap harinya duduk di depan komputer selama berjam-jam atau bahkan seharian, kemungkinan postur dudukkamu saat duduk itu salah.

Menurut sang ahli pengobatan tulang punggung, Dr. Adrian Couzner, postur duduk yang salah dapat memicu berbagai macam penyakit, terutama kelelahan. Hal ini membuat mobilitas sendi dan otot berkurang serta menguras energi. Bila membungkuk, kamu membuat tubuh bekerja lebih keras walau hanya melakukan gerakan sederhana.

Kemudian masih berhubungan dengan pekerjaan di depan komputer, jangan lupa perhatikan ritme pernapasan. Pernapasan yang pendek membatasi jumlah oksigen yang mengalir ke otak dan tubuh sehingga memicu kelelahan.

Biasanya napas pendek dialami seseorang jika ia tidak banyak bergerak selama berjam-jam. Oleh karena itu, jangan terus-menerus berdiam di satu tempat, di depan komputer misalnya. Ambillah waktu sejenak untuk beristirahat, lakukan peregangan, berjalan-jalan sebentar, dan lakukan latihan pernapasan agar aliran oksigen kembali lancar.

Di saat kamu sedang sibuk bekerja, kamu pasti malas menyiapkan makanan dan makanan cepat saji selalu jadi solusinya. Tapi justru itu salah lho, sebab menurut Nadine Saubers, penulis buku ‘The Complete Idiot’s Guide to Fighting Fatigue’, makanan cepat saji adalah pemicu utama rasa pusing dan lelah. Kurangi makan cepat saji ya! Ayo lebih selektif lagi memilih makanan.

Yang terakhir, seperti lirik lagu yang muncul di setiap bulan puasa, jagalah hatimu. Tahanlah emosi sebisa mungkin. Emosimu harus tabil dan tersalurkan dengan baik. Karena dengan menahan emosi, kamu jadi lebih cepat stres dan kelelahan yang luar biasa. Untuk kita para cewek-cewek sih gampang, menulis diari dapat jadi tindakan tepat untuk menyalurkan segala emosi yang dirasakan. Atau bisa juga sharing dengan teman atau keluarga kan. Yang penting, jangan dipendam sendiri yah.

Nah, bagaimana? Masih sering merasa kelelahan?



By: Blogcare

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

8 komentar:

adri siblogger solo adri siblogger solo mengatakan...

pantesan saya sering lelah,,, ternyata gara" hal-hal terebut toh,,, sepss

hilmansyah hilmansyah mengatakan...

waduh gmna nih,
saya sering minum minuman yg berkafein,tapi mulai sekarang saya akan berhenti,
nice share gan..

alkautsar alkautsar mengatakan...

waduh aku sering bgt tuh main warnet duduk berjam jam sambil minum soda. pantesan cpat lelah NICE INFO GAN

archie afdol mengatakan...

oh gitu to
thanks gan info ny :D

Muhammad Hassam R Muhammad Hassam R mengatakan...

Betul 100% gan,karna gw juga pernah ngrasain

adri siblogger solo adri siblogger solo mengatakan...

@alkautsar

sama gan,,, ane bahkan sering 4 jam di warnet,,, sampai rumah tnggal terkapar deh,,,

Alk'a Blog Alk'a Blog mengatakan...

@adri si blogger solo masih mending ente gan ane kadang kadang OL di warnet nyari info,ngeblog ambil paket 13JAM weh abis itu soda berbotol botol, abis itu naik angkot duduk lagi sekitar sejam..
harus ngurangin kebiasaan dulu nih

Nur Nur mengatakan...

Minum kafein paling sering nich, soalnya hobinya ngopi sambil ngenet, asal diimbangi dengan Olah raga teratur Insya Allah efeknya bisa berkurang

Posting Komentar

ATTENTION !
BLOG INI 100% DOFOLLOW !

 

FalconBoy Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha